Friday 3 February 2017

11 Kebiasaan Guru yang Efektif (Bag 2)



Reza Pratomo

Tulisan in adalah bagian kedua dari 2 tulisan, berikut ini adalah Bagian 1

Teratur
Guru efekif adalah guru yang pandai mengatur jadwal dirinya dan siswanya. Kapan seorang siswa siap dalam mengumpulkan tugasnya  dan kapan seorang guru membuat rapor siswanya dan sebagainya. Segala sesuatunya sudah direncanakan sejak jauh hari. Sehingga disaat hal tersebut dibutuhkan, mereka sudah siap untuk memberikan hal telah mereka rencanakan tersebut.


Berpikiran terbuka
Sebagai seorang guru, segala tindak tanduk kita akan diperhatikan oleh orang disekitar kita, apakah pekerjaan kita sebagai guru sudah mencapai 100% atau belum. Kepala sekolah, kolega, siswa bahkan orang tua akan memberikan masukan, saran atau kritik kepada kita. Namun sebagai guru efektif mampu untuk tenang dan memilih kritik dan saran yang bersifat membangun, dan mulai memperbaiki. Karena seorang grur efektif sadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Akan selalu ada ruang untuk perbaikan bagi setiap insan.

Memiliki standar
Sudahkah kita sebagai guru memiliki standar yang jelas? Sebagai contoh standar saya disaat mengajar didalam kelas. Apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan? Oleh saya dan oleh siswa. Disaat kita membuat peraturan, sehaarusnya peraturan yang sama juga berlaku bagi diri kita.

Selain itu standar apa yang diharapkan dari anda kepada siswa? Dan bagaimana harapan siswa pada anda. Karena disaat kita menetapkan sebuah standar harapan, maka seharusnya kita juga siap untuk menerima harapan standar dari orang lain pada diri kita.

Mampu menemukan inspirasi baru
Disaat keterbukaan informasi saat ini, seorang guru, seharusnya mampu menemukan ide-ide baru yang dapat mereka terapkan pada ruang kelas. Ide atau inspirasi tersebut dapat ditemukan dimananpun.

Kita tidak harus sebagai seorang inventor dalam menemukan ide baru tersebut, memodifikasi dari apa yang sudah dlakukan oleh orng lain, dapat menjadi cukup efektif untuk dikerjkan bersama siswa. Banyak sumber yang bisa kita gunakan untuk menemukan inspirasi tersebut, Youtube, Google, FB dan bebagai hal lainnya dapat menjadi sumber referensi guru untuk menjadikan suasana kelas lebih atraktif dan menarik.

Mendorong perubahan
Manusia sejatinya dituntut untuk selalu berubah ke arah yang lebih baik, dan tugas guru adalah mendorong perubahan tersebut. Buka kita yang merubah siswa, tapi dengan dorongan kita, mereka termotivasi untuk berubah dengan sendirinya. Karena sebaiknya perubahan adalah yang dilakukan dengan kesadaran penuh dari pelakunya. Bukan karena terpaksa atau karena menghindari konsekuensi yang akan diterimanya jika ia tidak melakukan hal tersebut

Mengambil hikmah
Hal terbaik terakhir yang bisa dilakukan oleh seorang guru efektif adalah mampu mengambil hikmah dari berbaga situasi atau kejadin yang menimpa dirinya, atau siswanya. Ajak mereka untuk selalu berpikir positif atas apa yang ditetapkan Allah kepada kita. Karena sejatinya setiap cobaan adalah sarana kita untuk naik kelas. Jika guru mampu melakukan hal tersebut, maka karakter positif seorang siswa atas apa yang terjadi pada hidupnya akan selalu menjadikannya mantap menatap masa depannya.


Jika keseluruhan hal tersebut sudah mampu kita lakukan, maka Insya Allah kita akan selalu menjadi guru yang dikenang oleh siswa kita serta mendapatkan berkah ilmu dari apa yang kita ajarkan kepada orang lain.



Tulisan yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

No comments:

Post a Comment