Thursday 10 September 2015

Bertauhid Benar Adalah Bertindak

Oleh : Devila Indrayenti
Tidak ada kata lain, jika ia beriman, selalu bermesra dengan Tuhannya, lihatlah kesehariannya. Bagaimana tidak, Allah telah mencurahkan rasa sensitif bagi dirinya untuk selalu tergetar hatinya pada hal-hal yang tidak sepantasnya.
Kisah ini bermula ketika saya sholat berjama’ah di mesjid, mesjidnya cukup rapi dan bersih. Setelah usai salam, saya segera sholat sunat rawatib, karena ba’da sholat saya harus menyelesaikan agenda yang lain. Melirik kanan kiri, saya takjub dengan kebersihan mesjid, demikian bersihnya tanpa sajadah pun tetap nyaman sholat. Mata saya menuju saff belakang  dekat pintu masuk. Disana saya melihat ada bekas kemasan minuman mineral kosong, terombang-ambing oleh kaki-kaki yang sering sujud dan ruku berharap ada bersedia memindahkannya. Jarak sampah tersebut sekitar 5 meter dari posisi saya sekarang. Setelah sekian lama saya memperhatikan, sempat terfikir sebanyak itu orang yang sholat, keluar masuk mesjid tidak ada yg tergerak untuk mengambil sampah air mineral tersebut. Oh kasihannya dikau sampah?
Karena ini pemandangan yang menarik, saya rela memperhatikan lebih dari 15 menit, untuk mencari siapa tuan yang berbaik hati dan mulia yang  mau mengambil si sampah malang. Benarkah orang yg bertauhid itu sensitif? Setelah 15 menit tidak ada tanda-tanda ada insan yang mengambilnya. Cukup geram, oh my god, ini baru sampah loh, bukan anak orang yang terombang ambing. Astaghfirullah, secara lahiriah terlihat kontras sekali, mesjid yang bersih , tenyata ada 1 saja sampah yang berserakan, tapi miris hanya sampai tersentuh dengan kaki saja karena tertendang-tendang.
Setelah beberapa saat masih juga tidak ada yang tergerak menyelamatkannya. Saya sudah tidak tahan lagi melihat pemandangan itu, saya bergerak menuju sampah tersebut. Masih ada harap dihati, ada orang yang lebih dulu sampai disana dan membuangnya ke tong sampah. Tenyata, ketika saya hampir dekat, ada seorang wanita, nampaknya ia seorang siswa MA, menggunakan tas,  spontan mengambilnya dan memasukkan sampah tersebut kedalam tasnya. Subhanallah...saya akan mencari tahu wanita tersebut dan saya akan buktikan, orang yg bertauhid benarlah yang action!! Jam sudah menunjukkan pukul 13.15 nampaknya saya sudah lupa dengan kegiatan-kegiatan saya karena penasaran dengan kejadian ini.
"Assalamu’alaykum, dek”. Tanya saya. Perawakannya tinggi, jilbabnya cukup lebar. Saya menanyakan namanya dan asal sekolahnya, ia terlihat cepat-cepat mengunci tasnya. Sepertinya ia tahu gelagatku akan SKSD (sok kenal sok dekat) dengannya.
“Buru-buru ?”, Tanya ku.
“Tidak kak, Ada apa ya kak?”, Jawabnya yang tegas dan lembut.
“Itu sampahnya?”, Tanyaku lembut
“Bukan kak”, jawabnya lugas. ” Tapi ini sampah ketendang sama saya, lebih baik saya buang aja ke tong sampah depan”.
Sambil jalan ke tong sampah, saya tanya-tanya seputar sekolahnya, ternyata dia hafal Al-qur’an 15 juz dari SMP mulai menghafal kelas 2. Masya Allah, Ia menghafal qur’an hanya Allah yang mengetahui niatnya, namun siapa yang mengira, bagi seorang munafik tidak akan tahan dengan pembinaan yang diterapkan islam, lama-kelamaan mereka yang munafik akan tersingkir dengan sendirinya.
Singkat cerita, dari gelagatnya dia adalah pribadi yang sholihah, maka wajarlah prilakunya akan tercermin dengan perbuatan, amalnya hanya dia dan Tuhannya yang mengetahui. Jadi, benar adanyalah Iman akan berbanding lurus dengan perbuatan jika dia bertauhid dengan benar. Hal ini saya terapkan hanya dalam rangka pembuktian, Dia yang bertauhid benar, dia lah yang akan action!


Penulis : Devilia Indrayenti

Foto diambil dari :
http://gogreen-smkmuhseyegan.blogspot.co.id/2013/01/tips-go-green-di-sekolah.html

No comments:

Post a Comment