Monday 7 September 2015

4 Tipe Mentor



Oleh : Reza Pratomo
Kita sebagai makhluk sosial tentunya tidak akan pernah mampu untuk bekerja sendiri. Kita butuh bantuan dari orang tua, teman, saudara atau sahabat yang membantu mendorong, menguatkan dan menjadikan hidup kita lebih baik dari pada hari sebelumnya. Diantara orang-orang terdekat di sekitar kita tentunya ada beberapa yang kita anggap sebagai panutan, contoh atau mentor. Karena dari merekalah kita belajar untuk mencapai keberhasilan dalam hidup ini.
Para mentor inilah yang membentuk hidup kita, menjadikan hidup kita lebih berwarna, mengajak kita pada kebaikan. Mengajak kita untuk menguatkan otot syukur kita pada Allah SWT. Sehingga pribadi kita hari ini bisa terbentuk dan dikenal oleh lingkungan.
Ternyata tanpa kita sadari, masing-masing mentor yang mengajarkan arti hidup pada kehidupan kita, memiliki 4 tipe yang berbeda. Mungkin diantara mereka kita hanya butuh salah satu diantaranya atau mungkin keseluruhannya untk mengembangkan diri kita. Mari kita lihat seperti apa tipikal mentor disekitar kita.
1. The Coach (Sang Pelatih)
Pelatih pertama adalah orang tua kita, mereka yang akan mengajarkan kepada kita bagaimana caranya untuk maju, membantu menemukan solusi atas permasalahan kita. Orang tua kita sangat bisa diandalkan untuk permasalahan sehari-hari kita saat kita beranjak dewasa. 
Ingatkah anda disaat ayah pertama kali mengajakmu ke masjid untuk ikut shalat berjamaah? Mengajarkan hal-hal terbaik pada kita. Atau disaat ibu pertama kali mengajak kita untuk membuka Al Qur'an? Mengingatkan kita untuk selalu mengingat Allah? Melalui dzikir atau melalui tilawah? Mereka adalah coach atau pelatih pertama kita, karena mereka sadar bahwa kebiasaan baik itu harus melalui dilatih sejak kecil.
Namun saat kita sudah bekerja dan mampu mandiri maka biasanya yang menjadi nasehat dari mereka adalah bagaimana bersikap efektif, bukan karena kamu sudah semakin tua, tapi karena keahlian dan bidang kerjamu sudah tidak dipahami oleh kedua orang tuamu. Dan pada saat ini engkau membutuhkan mentor dengan tipe seorang pelatih atau coach yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu miliki. Namun sebagai orang tua yang baik mereka akan terus mengingatkan kita untuk selalu mengingat Allah SWT, karena hanya kepadaNYAlah sebaik-baik tempat mengadu atas permasalahan yang menimpa diri kita.
Sementara pelatihmu di dunia kerja mampu untuk melatih anda melalui masa masa yang sulit, memiliki mimpi yang besar pada pekerjaan dan karir serta membantu memecahkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan anda. Kepuasan terbesar mereka adalah disaat mereka mampu mengeluarkan potensi terbesar dari anak-anak muda di sekitarnya.
Selain itu pelatih terbaik adalah yang tidak hanya mampu mengeluarkan potensi terbaik, namun juga terus memaksa untuk mengasah sisi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual anda. Sehingga selain kemampuan sosialmu meningkat, kamu juga mampu untuk bersyukur dan bersabar atas segala permasalahan yang mungkin diberikan Allah padamu.
2. The Connector (Sang Penghubung)
Tipe mentor ini cukup penting dan juga cukup jarang ditemui. Dimana sebagian besar orang mencari kepuasan batin, Penghubung adalah orang yang kepuasan batinnya adalah bertemu dengan orang-orang, apalagi jika mampu mempertemukan diantara orang-orang tersebut.
Mereka bahagia jika kamu mampu memperluas silaturahmi yang berasal dari mereka, dan mereka biasanya memiliki rezeki yang banyak karena tali silaturahmi itu selalu dijaga oleh mereka.
Tidak ada yang tahu mengapa mereka melakukannya namun mereka melakukannya karena memiliki energi yang sangat besar dalam melakukannya dan memiliki banyak energi yang baru. Mereka punya jaringan yang besar dan mendalam dimana mereka semua menghormatinya. Sering kali mereka “berhasil di bidangnya masing-masing”. Jika anda menemukan mereka, pertahankan.
3. The Cheerleader (Sang Penyemangat)
Sang penguat otot syukur dalam diri kita. Tipikal penyemangat ini adalah orang yang pertama bersorak gembira dengan tulus akan promosi anda, kebahagiaan mereka sama dengan kebahagiaan dengan ibu anda saat anda lulus kuliah. Dan percayalah tidak ada selain mereka dan ibu anda yang memiliki kegembiraan yang sama atas apapun keberhasilan anda, dan mereka akan tetap ada secara tulus, walaupun tdak ada orang lain lagi disekitar anda.
Penyemangat sering kali memperkuat keberadan diri kita dihadapan Allah. Disaat kita bahagia maka mereka yang akan ikut bersyukur akan kebahagiaan anda. Mereka yang akan mengingatkan anda betapa sayangnya Allah pada anda, dan kebahagiaan yang anda dapatkan adalah bukti kasih sayang Allah pada anda. Namun disaat anda sedang diuji, mereka yang akan selalu meyakinkan anda bahwa ujian ini juga adalah bentuk kasih sayang Allah pada anda. Mereka mengingatkan bahwa ujian sesungguhnya adalah bukti kasih sayang Allah agar anda naik tingkat menjadi hambaNYA yang senantiasa bersyukur.
Penyemangat inilah salah satu bukti bahwa kita tidak bisa hidup sendiri, kita memerlukan orang yang akan membangkitkan semangat disaat kita jatuh. Sekaligus menguatkan disaat kita bahagia. Berbahagialah anda jika memiliki tipe mentor seperti ini dalam kehidupan anda.
4. The Challenger (Sang Penantang)
Tipe mentor ini bukanlah tipe yang dapat anda ajak bersenang-senang. Mereka kadang membuat anda sangat tidak nyaman. Tapi itu bagus, karena jika anda ingin bahagia, teleponlah ibu anda. Tipe mentor seperti ini yang anda butuhkan untuk membuat diri anda lebih baik.
Mereka mengkritik bahkan cenderung kejam atas ide anda, namun mereka tahu bahwa anda perlu untuk selalu ditantang untuk dikeluarkan potensi terbaiknya. Sehingga perlu untuk diasah secara terus menerus.
Tipe penantang ini akan mengkritisi ide cemerlang yang anda utarakan. Mereka tidak ragu untu mengungkapkan bahwa ide anda tidak akan berjalan kecuali anda melakukan langkah A, B, C. Dan jika kritik ini berasal dari tempat yang tepat akan mebuat langkah anda lebih mudah. Para penantang biasa sangat cerdas dan sangat gesit. Merka tidak akan berlama-lama pada suatu tempat. Jika anda bertemu mereka, maka akan banyak nasihat singkat yang dapat mereka berikan dan kemudian mereka bergerak lagi. Temui mereka disaat anda membutuhkannya.
Jadi, sudahkah anda menemukan mentor anda? Dan apa yang sudah mereka berikan untuk anda?

Sebagian tulisan ini bisa anda baca di :

http://www.inc.com/betty-liu/the-4-types-of-mentors-you-need-in-your-life-to-succeed.html?cid=sf01001

Opini yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan risalah-online

No comments:

Post a Comment