Saturday 22 April 2017

17 Cara Memotivasi Diri Sendiri (Bag 2)


Muhammad Syukur
10. Menciptakan momentum. Cara ini juga dilakukan oleh banyak orang. Alih-alih menyebutkan target penjualan sebesar 1 miliar setahun, maka sebagian orang menjadikannya sebagai target bulanan, “yaitu mari kita kejar profit 83,333 juta perbulan”. Mereka menjadikan momentum perayaan kesuksesan perbulan untuk kemudian merayakannya secara lebih besar di akhir tahun.
 11. Analisis. Kadangkala, kita hanya membutuhkan sebuah analisa sederhana untuk m
embangkitkan kembali motivasi kerja saat ini. Seperti halnya disaat badan meriang, atau merasa panas dingin maka pada saat itu kita membutuhkan analisa dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi. Dan disaat dokter sudah menetapkan sakit apa yang sedang kita idap, maka pikiran kita menjadi lebih lega setelah mengetahui hal tersebut. Karena kita tahu apa yang seharusnya dilakukan setelah itu.
Sama seperti halnya motivasi, disaat motivasi kita menurun, mungkin kita perlu meminta nasehat seorang motivator atau psikolog untuk menelusuri apa yang sebenarnya terjadi pada diri kita, dan disaat kita sudah mengetahui kondisi psikis yang menyebabkan motivasi kita menurun, maka kita mengetahui apa yang seharusnya dilakukan untuk mengembalikan kembali energi motivasi tersebut
12. Membayangkan. Bagai sebagian orang membayang kesuksesan yang akan mereka genggam dapat menjadi sumber motivasi yang tiada habisnya. Mereka mampu membayangkan apa yang akan mereka capai dan bagaimana mereka akan menikmati kesuksesan tersebut.
13. Olahraga. Berbagai riset membuktikan bahwa olehraga mampu mempertahankan motivasi yang dimiliki seseorang, hal ini disebabkan karena stamina yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Olahraga juga mampu menjadi sarana untuk mengistirahatkan pikiran, sehingga seseorang mampu mempertahankan kinerjanya sekaligus mempertahankan motivasinya.
14. Belajar dari kesalahan. Seekor keledai tidak akan jatuh dua kali pada lubang yang sama. Belajar dari pepatah tersebut maka seharusnya kita sebagai manusia mampu mengambil pelajaran tentang apa yang seharusnya dilakukan setelah kita melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan mampu membuat motivasi seseorang jatuh, dan diutuhkan kebesaran hati untuk mengakui kesalahan tersebut dan mengambil pelajaran. Disaat pelajaran mampu diambil, maka motivasi kita dapat bangkit kembali dan menjadi lebih baik dalam mengejar impian
15. Jangan mempersulit dirimu. Akan ada banyak hal di dalam hidup ini yang tidak mampu kita kendalikan, jadi yanga dapat kita lakukan adalah jangan mempersulit kemungkinan keadaan. Jika memang jarak dari rumah ke bandara membutuhkan waktu 45 menit, maka berangkatlah minimal satu setengah jam sebelumnya. Atau jika ada hal dimana kita tidak memiliki kapabilitas untuk hal tersebut, mka berikanlah kepada orang lain. Stress adalah pembunuh kreatifitas(kecuali penyuka last minutes deals), semakin anda stress maka anda akan semakin tidak tentu jalan apa yang akan diambil.
16. Selesaikan target. Ini cara memotivasi yang berbeda, dimana kita terus-menerus mencatatkan nama di papan skor pertandingan sepakbola. Semakin nama kita sering muncul, maka motivasi akan terus muncul untuk terus mencetak gol. Dalam hal ini membukukan target penjualan, mencapai kinerja yang diharapkan atau melebih target laba yang ditetapkan atasan. Saat prestasi kita tercapai, maka kita akan tertantang untuk mencapai target yang lebih tinggi.
17. Masa depan tidak diramalkan, namun diciptakan. Kalmat motivasi ampuh yang mampu menggerakkan sebagian besar otang untu menciptakan masa depan mereka sendiri.

Jadi apa cara anda dalam memotivasi diri sendiri?

No comments:

Post a Comment