Sunday 23 April 2017

Belajar jadi pengusaha

 Muhammad Syukur

Saya ingin jadi pengusaha, tapi ndak punya modal...

Saya berharap bisa mandiri dengan berusaha sebagai seorang pengusaha. Tapi saya harus mulai dari mana?

Apa sih yang harus dipelajari seorang pengusaha?

Kalau jadi pengusaha trus gagal gimana? Kan rugi....


Seringkali pertanyaan diatas diajukan oleh para anak muda yang bermimpi untuk menjadi seorang yang lebih kaya dengan berusaha menjadi seorang pengusaha, namun pada akhirnya mentok karena dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Jadi apa yang harus dilakukan oleh seorang calon pengusaha sebenarnya?

Jawabnya menurut saya adalah berani. Berani coba saat ini juga...

Karena kalau ditanya ke banyak pengusaha, maka jawaban yang akan diterima akan banyak sekali, sehingga kita bingung, saya harus gunakan pendapatnya siapa? Apalagi ditambah dengan buku-buku dan seminar motivasi bagaimana menjadi pengusaha, maka yang terjadi adalah kita semakin kebingungan dalam menentukan langkah apa yang harus dimulai untuk jadi pengusaha.

Cuma berani cukup?

Buat saya iya. Sekarang beranikah anda ambil sebungkus kopi dan coba menjualnya di pasar?

Kalau sukses gimana dan kalau gagal gimana?

Nah, itu dia, gagal dan sukses adalah kebiasaan yang dilakukan seorang pengusaha. Tapi dari mana dia akan tahu sukses atau tidaknya jika dia sendiri belum pernah mencoba sesuatu yang baru. Yang dalam bahasa kerennya “out of comfort zone” Keluar dari zona nyaman yang membuat kita malas melakukan sesuatu yang baru.

Jadi apa langkah pertama yang sebaiknya saya ambil?

Apapun itu tidak ada yang salah, yang salah adalah tidak berani mencoba.

Belajar menjual, belajar melalui MLM, belajar dari pakarnya (yang lagsung dipraktekkan dengan gaya sendir). Apapun itu selama kita berani untuk mencoba, maka sejatinya kita sudah selangah menjadi seorang pengusaha.

Jika kita tidak ada modal, maka ada cara dropship atau reseller yang bisa kita lakukan.

Jika belum ada keberanian, maka lakukan saat ini juga sehingga secara perlahan mental kita dilatih untuk jadi seorang pengusaha akan terasah dan semakin terang. Dan pada saatnya kita kita akan tahu sejauh mana kemampuan kita menjadi seorang pengusaha dengan terus menerus mengasah kemampuan kita dalam berbagai bidang yang meningkatkan kemampuan kita dalam enjadi pimpinan.



No comments:

Post a Comment