Tuesday 11 April 2017

17 Cara Memotivasi Diri Sendiri (Bag 1)


Muhammad Syukur

Seringkali, betapapun berpengalamannya diri kita, atau seberapapun yang sanggup kita capai, kita selalu membutuhkan motivasi untuk membuat kita tetap maju dan bergerak. Dan sering kali kita berhadapan dengan halangan atau rintangan yang harrus dihadapi sehari-hari, dan berikut ini ada beberapa ide yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan motivasi tersebut.

Mungkin beberapa diantara dapat anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
1. Kebutuhan. Beberapa orang memaknai hidup secara harfiah. Saat mereka ditanyakan apa yang membuat mereka terus bergerak, ternyata jawaban mereka cukup sederhana. “Laki-laki harus bertanggung jawab atas yang harus dilakukannya”. Jadi, kadang seseorang disaat merasa bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhannya, itu yang membuat mereka tetap maju dan bergerak untuk mencapai keinginan mereka, mereka merasa butuh untuk memotivasi diri mereka dan bergerak maju untuk memenuhi kebutuhan mereka dan keluarga.
2. Kalimat Motivasi. Kalimat motivasi banyak digunakan oleh orang, namun bagaimana cara mereka menggunakannya berbeda antara satu orang dengan lainnya. Beberapa benar-benar menempelkan kalimat-kalimat tersebut di dindingkamarnya sementara yang lainnya menempelkannya di layar monitor ata malah dijadikan sebagai screen saver. Sementara lainnya menggunakan motivasi yang bersifat homuris seperti meme atau kalimat lucu dan menggelitik sekaligus memotivasi.
3. Karyawan yang bergantung pada anda. Sebagian besar pengusaha menggunakan motivasi ini untuk menjadikan mereka lebh maju dan mau serta mampu untuk terus bergerak tanpa henti. Karena mereka sadar, jika motivasi mereeka menurun, maka yang akan jadi pertaruhan adalah nasib sebagian besar dari karyawannya, oleh sebab itu merasa bertanggung jawab adalah satu kunci bagi motivasi yang tetap hidup.
4. Kebanggan pribadi. Motivasi ini termasuk yang jarang diungkapkan banyak orang, karena hal ini bersifat pribadi bagi seseorang. Walaupun hal ini bersifat pribadi, namun sebuah kewajaran jika seseorag merasa bangga akan apa yang telah mereka capai selama ini, biasanya kepuasan yang mereka rasakan disimpan dalam hati sehingga diharapkan kebanggan tersebut tidak berimbas pada kinerja.
5. Misi merubah dunia. Walau tidak semua orang mampu menggungah seperti Stve Jobs (yang seringkali memotivasi karyawan Apple “Kita akan membuat produk yang amat sangat hebat”). Namun beberapa pengusaha memang menjadikan misi merubah dunia adalah salah satu bahan bakar motivasi untuk tetap maju. Hal itu kadang dilakukan mereka melalui produk atau kegiatan sosial yang luar biasa.
6. Kelompok yang mendukung. Saat ini sudah banyak kelompok pengusaha muda atau kelompok lainnya yang berusaha untuk tetap saling membantu diantara mereka. Hal ini memberikan manfaat luar biasa dalam rangka peningkatan motivasi di antara mereka. Karena melalui pertemuan rutin di kelompok tersebut menjadikan mereka saling menguatkan dan saling memberi nasihat-nasihat yang konstruktif atas apa yang mereka hadapi. Kelompok ini juga terbuka untuk saling bertukar pengalaman.
7. Pembuktian. Sebagian orang tetap maju dan melangkah dengan motivasi yang tiada habisnya hanya dengan alasan yang sederhana. “saya ingin membuktikan bahwa saya mampu melakukannya”. Namun disaat kesuksesan itu hadir, pembuktian itu tetap ada dan meningkat ke jenjang yang lebih tinggi.
8. Mempertimbangkan alternatif. Ada 2 hal yang dapat dilakukan dalam bentuk ini, yaitu yang pertama adalah menjauhi pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi di masa lalu, sementara yang lainnya menciptakan imajinasi tentang rencana masa depan yang akan dikejar. Keduanya dapat menjadi sumber motivasi yang tiada habisnya.

9. Warisan. Bagi sebagian orang mampu mewariskan sesuatu yang bermanfaat bagi generasi selanjutnya adalah sumber motivasi. Apakah itu bagi anak cucunya atau seluruh generasi yang akan menikmati apa yang dikerjakannya saat ini. Hal ini yang membuat orang menjadi lebih tangguh dalam mengejar impiannya.

No comments:

Post a Comment