Thursday 29 October 2015

Menjaga Kebersihan



Oleh : Asmarnita, S.PdI
Tak bisa dipungkari, kebersihan itu adalah modal penting untuk menjaga kesehatan. Kesehatan apa saja, kesehatan tubuh, kesehatan lingkungan bahkan kesehatan batin. Pemandangan yang kotor dan bau yang acak-acakan, pasti orang segera ingin meninggalkan tempat tersebut.
Untuk menjaga kebersihan, belum disadari betul oleh masyarakat. Coba hitung berapa banyak orang yang kurang sehat lantaran tidak bisa menjaga kebersihan tubuhnya, tidak dapat memelihara lingkungan rumah dan lingkungan masyarakat. Berapa kerugian yang diderita akibat tangan manusia yang tak peduli terhadap lingkungan, karena buang sampah sembarangan, pembakaran liar, pembakaran lahan yang berdampak pada kabut asap yang merambah kemana-mana.
Karena masyarakat tak peduli dengan sampah, banjir begitu mudah menjalar dikala musim hujan. Sekarang, kabut asap di riau begitu luar biasa.
Menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, misalnya, dianggap hal remeh temeh, padahal inilah cikal bakal yang menentukan kedepannya, akan bisa menyelamatkan atau sebaliknya membahayakan diri sendiri maupun lingkungan sekitar.
Jika orang sadar bahwa menjaga kebersihan (baik tubuh maupun alam) maka sama juga menjaga kesehatan diri sendiri. Sebab bersih berarti menjauhkan dari penyakit dan menjauhkan diri dari malapetaka.
Allah menganjurkan untuk senantiasa bebersih kepada hamba-Nya, sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah : 222 :


Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.


Ini yang menjadikan kebersihan sebagai ajaran dalam agama begitu vital. Oleh sebab itu, tak berlebihan kiranya apabila kebersihan merupakan pintu awal untuk membangun kesehatan. Apabila orang ingin sehat, maka langkah pokoknya adalah menjaga kebersihan. Contohnya kita senantiasa menjaga kerapihan dan kebersihan tubuh maupun pakaian yang dikenakan meskipun sederhana.
Tentu jika kebersihhan yang kecil sudah tertanam dalam diri kita, kebiasaan besar dengan menjaga kebersihan lingkungan akan dapat menghindarkan diri dari datangnya bencana.


image source


Opini yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

 

No comments:

Post a Comment