Sunday 30 October 2016

3 Rahasia Sederhana Memotivasi



It is impossible to get people to do something they don’t want to do. But if you understand what they want and show them how to get it – they will do amazing things.

Oleh Jim Schleckser


Salah satu peran vital setiap pemimpin adalah menemukan cara untuk memotivasi tim Anda untuk mencapai tujuan organisasi Anda. Namun rahasia untuk memotivasi orang adalah bahwa Anda tidak dapat melakukannya. Saya telah mempelajari masalah ini dengan berbicara dan bekerja dengan ribuan orang selama bertahun-tahun, dan satu hal yang semua orang dapat setujui adalah bahwa Anda tidak dapat memotivasi seseorang untuk melakukan apa yang mereka tidak ingin mereka lakukan.
Apa yang perlu Anda adalah mencari tahu apa yang orang inginkan dan kemudian menunjukkan kepada mereka bagaimana cara mereka bisa mendapatkannya. Motivasi itu bersifat intrinsik. Orang merasa senang mengejar hasil ketika itu mereka merasa itu adalah demi kepentingan mereka sendiri. Sebagai seorang pemimpin, trik ini adalah untuk melihat apakah Anda dapat menemukan keselarasan antara apa yang orang-orang Anda inginkan dan apa yang akan membantu tumbuh kembangnya organisasi.

Keuntungannya adalah jika Anda dapat memanfaatkan keinginan yang mendasar dari seseorang, maka anda akan mendapatkan timbal balik kinerja yang menakjubkan dari mereka.
Langkah pertama dalam menemukan apa yang memotivasi seseorang untuk membuat waktu untuk mendengarkan mereka dan mencari tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan dari pekerjaan mereka.

Sekarang Anda mungkin berpikir, itu adalah hal yang sederhana: semua orang ingin lebih banyak uang, jabatan yang tinggi, liburan, dan pekerjaan yang mudah. Tapi hal tersebut tidak selalu berlaku bagi kebanyakan orang. Pengalaman saya mengatakan bahwa sebagian besar orang ingin kompensasi yang adil dan kesempatan untuk mengejar pekerjaan yang menantang dan menarik karena kita semua perlu melakukan sesuatu selama hidup kita. Beberapa orang didorong oleh stimulus mental, sementara sebagian orang senang dengan bertemu banyak orang dan menghubungkan mereka. Semua orang berbeda.

Kuncinya adalah untuk tidak membuat asumsi apa yang Anda pikirkan tentang keinginan seseorang, ini bukan tentang menggunakan pendekatan command-and-control di mana Anda memberi mereka perintah untuk menerabas bukit. Sebaliknya, Anda harus benar-benar meminta mereka apa yang mereka inginkan.

Mungkin mereka menginginkan jabatan baru, atau mungkin bahkan lebih banyak cuti untuk menghabiskan waktu dengan keluarga mereka. Mungkin ini tentang menghasilkan lebih banyak uang untuk membeli mobil baru atau membayar uang kuliah anak mereka. Intinya adalah Anda tidak akan tahu apa yang benar-benar memotivasi seseorang sampai Anda menyediakan waktu untuk memahami apa yang dia inginkan dari kehidupan.

Mari kita lanjutkan ke langkah kedua: menunjukkan orang-orang bagaimana mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dan hal ini membutuhkan kreatifitas anda. Contohnya jika seseorang ingin menjadi Wakil Direktur dalam satu hari, maka anda mempersiapkan rencana jika mereka melakukan apa yang Anda pinta, mereka akan menerima ganjaran mereka sebagai imbalan.
Rahasia akhir menjadi seorang pemimpin besar adalah menemukan cara yang memungkinkan orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan juga menguntungkan organisasi. Peraturan itu tidak berlaku hanya kantor saja. Hal ini berlaku juga dalam kehidupan pribadi kita juga.

Sebagai contoh, biarkan saya berbagi cerita pribadi. Ketika saya masih muda, saya ingat ingin membeli stereo untuk kamar saya sehingga saya bisa mendengarkan musik. Aku tidak ingin sesuatu yang terlalu muluk, hanya sebuah unit sederhana seharga sekitar $ 100. Aku ingat pernah mengatakan ayah saya apa yang saya inginkan, yang dia pikir itu hebat. Dia bahkan mengatakan akan membayar setengah dari harga tersebut. Seperti itulah kebaikannya, namun aku tidak punya uang lain untuk melunasinya. Jadi ayah saya memberi saya daftar tugas tambahan yang bisa saya lakukan di sekitar rumah, seperti membereskan halaman yaitu menyapu daun dan membangun tembok, pekerjaan tersebut akan dibayar oleh ayah, yang akan membantu saya untuk mendapatkan sebagian dari uang yang saya butuhkan untuk membeli stereo.

Itulah yang saya butuhkan, saya menjadi sangat bersemangat melakukan sebuah pekerjaan yang mungkin dilain hari saya benci. Perbedaannya adalah saya melakukan hal tersebut untuk mendapatkan apa yang saya inginkan. Sementara ayah saya juga mampu membereskan pekerjaan yang seharusnya dilakukannya, dan memiliki waktu untuk melakukan hal lain, (seperti menonton sepak bola di minggu sore). Seluruh hal inilah yang menjadikan setiap orang menang.
Sekali lagi, rahasia nyata untuk memotivasi orang adalah menemukan cara untuk menemukan keselarasan antara tujuan pribadi mereka dengan hasil yang Anda inginkan. Ketika Anda bisa melakukan itu, semua orang menang.



Jim adalah penulis buku laris, "Great CEOs AreLazy" -  yang telah tersedia di Amazon!

Sumber : Inc-asean

Image Source : Getty Images on inc-asean

Tulisan yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

No comments:

Post a Comment