Wednesday 25 May 2016

Pemuda Sebagai Agen Perubahan



 
Oleh : Qorina Mardhatillah Fikkar

Pemuda adalah pelaku perubahan bangsa juga pelaku dalam sejarah karena memiliki potensi yang besar dalam agen perubahan.
peran pemuda terhadap bangsa ini sangat berpengaruh terhadap dunia , karna tanpa pemuda dunia tidak akan mengalami perubahan baik dalam sisi kebaikan maupun dalam sisi keburukan.

Pemuda sebagai agent of change adalah pemuda yang berintelektual tinggi, idealis, energik, kritis dana kreatif. mereka berperan terhadap pemerintahan dalam melakukan pengawasan agar roda pemerintahan berjalan dengan baik dan bersih serta menjunjung tinggi keadilan . Masa depan dunia saat ini adalah tergantung pemuda-pemuda saat ini.

Apabila pemuda saat ini mampu menjadi agent of change tentu itu akan menjadi lebih baik. “seribu orang tua hanya bisa bermimpi , sedangkan 1 pemuda dapat mewujudkan mimpi mereka “ kata Bung Karno.

Setiap zaman pemuda memegang peranan penting . masing-masing ada yang berperan sebagai generasi penerus yang meneruskan nilai-nilai yang ada dalam sebuah kaumnya , kedua sebagai generasi pengganti yang menggantikan kaum yang memang sudah rusak , ketiga sebagi generasi pembaharuan yaitu memperbaiki kerusakan yang ada pada suatu kaumnya .

Jika peran-peran tersebut tidak di tancapkan kepada jiwa seseorang pemuda, dengan kata lain DIAM maka peran pemuda sebagai agent of change sama sekali tidak berpengaruh. Pemuda adalah ikon sebuah kaum . jika pemuda dalam suatu kaum mampu menjalankan perannya sebagai agent of change maka bangsa ini akan aman dan sejahtera tapi sebaliknya, jika peran pemuda hanya diam dan tidak ada azzam dan tekad yang kuat untuk ,merubah bangsa menjadi yang lebih baik , percayalah keadaan bangsa ini tidak akan mengalami kemajuan .

Sebagaimana firman allah dalam surat Ar-ra’ad ayat 11 “sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya . dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia “ maksud dari ayat tersebut adalah bahwasanya perubahan itu ada di tangan kita, jika negara ini ingin berubah lebih baik, maka kita sebagai bangsa Indonesia bersatu dalam hal kebaikan sebagaimana amanat dari pancasila dan isi sumpah pemuda. 

Sebagai pemuda agent of change harus melakukan sesuatu perubahan yang baik seperti memperbaiki jiwa dan moral masyarakat contohnya pada kerusakan moral masyarakat saat ini yaitu budaya korupsi yang merajalela bahkan pimpinan negarapun melakukan hal bejat tersebut tanpa rasa malu .bagaimana keadaan Negara ini 10 tahun kedepan jika tidak ada pemuda yang di harapkan ? belum lagi masalah yang belum henti-hentinya di era modern saat ini , barang barang terlarang begitu legal di konsumsi, prostitusi dimana-mana dan masih banyak lagi.

Di zaman sekarang perkembangan teknologi sangat pesat . salah satu bentuk perjuangan yang dapat di lakukan oleh pemuda adalah melalui media social. Mesir menjadi contoh positif dalam penggunaan media social untuk sebuah perubahan . Tapi tidak sedikit pemuda yang memanfaatkan social media secara negative. Peran pemuda sebagai agent of change tidak bisa di harapkan lagi.

Masa depan suatu bangsa terletak di tangan pemuda . artinya merekalah yang akan menggantikan generasi sebelumnya dalam memimpin bangsa. Oleh karena itu ,mereka perlu di bekali berbagai ilmu pengaetahuan yang tinggi dan wawasan yang luas. Disinilah peran pemerintah sangat berpengaruh terhadap pemuda-pemuda generasi penerus dalam hal pendidikan. Misalnya bebas biaya pendidikan bagi pemuda-pemuda Indonesia yang kurang mampu . tapi jika pemerintahan tidak peduli terhadap masalah ini , maka persiapkan mental untuk di hina oleh bangsa lain.

Di dalam pembangunan nasional , bukan hanya pembangunan fisik saja yang di perlukan , melainkan pembangunan dari jiwa, akal,dan pikiran sangat penting dalam melakukan perubahan yang lebih baik. Sekarang pemuda saat ini hanya mengikuti arus tanpa tau arah dan tujuan . melakukan perubahan adalah perintah dalam islam , sebagaimana dalam suatu hadist Rosulullah SAW mengatakan bahwa orang yang hari ini lebih baik dari hari kemaren adalah orang yang beruntung , orang yang hari ini sama dengan hari kemaren adalah orang yang rugi dan orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemaren adalah orang yang celaka .




Tulisan yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

No comments:

Post a Comment