Thursday 19 January 2017

Agar Doa Dijabah-Nya


Oleh: Afifah Nurul Fadhlillah

Pernah merasa frustasi karena doanya tak kunjung terkabul? Sampai-sampai merasa putus asa dan capek untuk berdoa lagi. Bahkan sampai mengeluh, “Tuhan pernah dengar aku gak sih?”, atau “Tuhan gak adil, doaku gak pernah dijawab. Padahalkan aku selalu berdoa habis shalat..”  Dan masih banyak lagi kejadian-kejadian lain yang serupa. Ya gak sih, kalau Allah gak dengar doa kita?


Tahukah kita, bahwa ada beberapa alasan yang membuat doa kita tak kunjung dikabulkan-Nya. Dan disini, kita akan membahas tentang bagaimana agar doa lebih cepat dijabah dan dikabulkan.

Pertama, perbanyaklah melakukan ibadah sunnah setelah ibadah wajib. Niscaya doa kita akan lebih cepat dikabulkan jika kita memperbanyak ibadah sunnah kita.

Kedua, berdoa dengan suara yang lirih. Sebaiknya kita berdoa dengan suara lirih karena itu lebih sopan dan etis dihadapan Tuhan kita Yang Maha Agung. Tidaklah pantas rasanya jika kita berdoa dengan suara yang lantang dihadapan-Nya. Berdoa dengan suara lirih, lebih meningkatkan kekusyukan kita dalam berdoa sehingga doa kita akan lebih cepat dijabah-Nya.

Ketiga, berdoa dengan terus memaksa dan mendesak. Jika kita berdoa dengan terus mendesak dan terus melafalkan doa yang sama dengan berulang-ulang, Insya Allah SWT doa kita akan lebih cepat dijabah-Nya, karena itu menunjukkan keseriusan dan kesungguhan kita dalam meminta kepada-Nya.

Keempat, berdoa dengan menundukkan kepala dan menengadahkan kedua tangan. Dengan berdoa dengan demikian, akan menambahkan kekusyukan kita dalam berdoa kepada Yang Maha Pengasih.

Kelima, berdoa dengan menghadap ke arah kiblat. Karena kiblat merupakan satu arah yang sama dituju  seluruh umat muslim di dunia.

Keenam, berbakti kepada kedua orang tua atau yang kita kenal dengan sebutan birrul walidain. Jika kita selalu mentaati dan mencintai kedua orang tua kita, niscaya Allah SWT juga akan mencintai kita. Karena ridho Allah adalah ridhonya orang tua. Dan jika Allah SWT telah mencintai kita, maka apapun yang kita inginkan dan harapkan akan lebih mudah dikabulkan karena Allah SWT telah mencintai kita sebagai makhluk-Nya.

Ketujuh, berdoa dengan tegas. Dalam berdoa sebaiknya kita tidak berrtele-tele terhadap apa yang kita panjatkan. Seperti, jika yang kita inginkan adalah masuk peringkat tiga besar di kelas, maka yang kita ucapkan adalah hal tersebut, dan jangan pernah menyebutkan "kalau tidak tiga besar juga gak apa-apa, yang penting naik kelas". Jadi tegaslah dalm memohon kepadanya agar yang diberikan-Nya apa yang kita inginkan.

Kedelapan, berdoa ditengah malam. Karena berdoa di tengah malam akan menambahkan kekusyukan kita dalam meminta kepada Allah SWT. Berdoa disaat semua orang tengah tertidur lelap akan melapangkan jalan doa kita menuju Allah SWT. Diibaratkan dengan jalan tol yang sepi ditengah malam, maka kita akan cepat sampai di tempat tujuan, dibandingakan dengan siang hari yang padat kendaraan.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang membuat doa kita lebih cepat dijabah-Nya. Dan janganlah berprasangka buruk kepada Yang Maha Esa tentang keadilan-Nya. Sesungguhnya Allah SWT lebih mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.


Semoga kita tetap menjadi manusia yang selalu berserah diri dan selalu memohon pertolongan hanya kepada-Nya. Amin..



Tulisan yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

No comments:

Post a Comment