Oleh
: Ali Usman
Proses pembelajaran di kelas adalah garda terdepan dan utama untuk melihat mutu
sekolah. Sebuah sekolah yang bermutu dan berkualitas lihatlah proses pembelajarannya.
Sudahkah menginspirasi atau belum? Sudahkah bermakna atau belum? Sudahkah
berkualitas atau belum? Dengan demikian, kualitas proses pembelajaran itu perlu diperhatikan oleh guru dan peserta didik
sebagai pelaku dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Adalah suatu keharusan guru dan peserta
didik kompak menyukseskan proses pembelajaran di kelas. Guru yang sukses mampu
memasuki dunia peserta didiknya dan mengarahkannya ke dunia nyata yang harus
dihadapi. Begitu juga peserta didik mampu memahami pelajaran yang diberikan guru
dengan semangat ingin tahu dan cinta belajar.
Berikut disarikan dari buku-buku pembelajaran para
salafus salih agar proses pembelajaran di kelas berhasil. Peran guru dan
peserta didik harus diposisikan dengam benar sesuai etika dan adab berbagi dan menuntut ilmu. Bila pada diri GURU terhimpun 3
karakter utama berikut ini adalah nikmat sempurna bagi PESERTA DIDIK :
1. Sabar, yakni betah untuk terus
membimbing hingga tercapai target. Tidak sekedar menunaikan tugas/menuntaskan
materi, tetapi nilai-nilai karakter dan ruh pendidikan itu terpatri dalam di
jiwa peserta didik.
2. Tawadhu', yakni rendah hati dengan
menyebut dan memperlakukan peserta didik sebagai sahabat sebagai mana
diteladankan oleh Rasulullah saw sehingga imam madzhab yang empa mudah terjalin
ikatan ruhani yg kuat; dan
3. Husnul khuluq, yakni tampilkan
keteladan perilaku yg baik; peserta didik lebih mudah menerima contoh ketimbang
berusaha menerapkan petuah-petuah guru.
Bila pada diri PESERTA DIDIK terhimpun 3
karakter utama berikut ini adalah nikmat sempurna bagi GURU :
1. Akal, yakni standar kecerdasan untuk
menalar yang memadai;
2. Ada dan tatakrama yang baik. Sopan santun, sikap itu mendamaikan hati
guru dan sesama teman belajar; dan
3. Husnul fahm, memiliki cara yang baik
untuk memahami. Cara yang baik itu diantaranya:
○ menyimak dan memperhatikan dengan saksama;
○ mencatat keterangan yang dipandang
perlu/penting;
○ menanyakan hal-hal yang kurang
difahami atau hal yang menarik minatnya;
○ dan sebagainya.
Demikian tawaran sederhana dari ulama
salaf untuk menuju kualitas dan efektivitas proses pembelajaran di kelas. Semoga
ruang-ruang kelas kita dipenuhi oleh proses pembelajaran yang bermutu dan
berkualita dengan indikasi guru dan peserta didiknya disiplin, semangat, dan
tertib dalam aktivitas belajar. Sempurnakanlah sajian ini. Selamat mencoba,
semoga berhasil. Amin.
Padang, 13 Maret 2016 pukul 22.30 wib
Tulisan
yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis risalah-online, bukan merupakan
pernyataan dari risalah-online
No comments:
Post a Comment