Monday 14 March 2016

Sudahkah Berhasil Proses Pembelajaran Kita?




Oleh : Ali Usman

Proses pembelajaran di kelas adalah  garda terdepan dan utama untuk melihat mutu sekolah. Sebuah sekolah yang bermutu dan berkualitas lihatlah proses pembelajarannya. Sudahkah menginspirasi atau belum? Sudahkah bermakna atau belum? Sudahkah berkualitas atau belum? Dengan demikian, kualitas proses pembelajaran itu  perlu diperhatikan oleh guru dan peserta didik sebagai pelaku dalam proses pembelajaran di dalam kelas.


Adalah suatu keharusan guru dan peserta didik kompak menyukseskan proses pembelajaran di kelas. Guru yang sukses mampu memasuki dunia peserta didiknya dan mengarahkannya ke dunia nyata yang harus dihadapi. Begitu juga peserta didik mampu memahami pelajaran yang diberikan guru dengan semangat ingin tahu dan cinta belajar.

Berikut  disarikan dari buku-buku pembelajaran para salafus salih agar proses pembelajaran di kelas berhasil. Peran guru dan peserta didik harus diposisikan dengam benar sesuai etika dan adab berbagi dan  menuntut ilmu. Bila pada diri GURU terhimpun 3 karakter utama berikut ini adalah nikmat sempurna bagi PESERTA DIDIK  

1. Sabar, yakni betah untuk terus membimbing hingga tercapai target. Tidak sekedar menunaikan tugas/menuntaskan materi, tetapi nilai-nilai karakter dan ruh pendidikan itu terpatri dalam di jiwa peserta didik.

2. Tawadhu', yakni rendah hati dengan menyebut dan memperlakukan peserta didik sebagai sahabat sebagai mana diteladankan oleh Rasulullah saw sehingga imam madzhab yang empa mudah terjalin ikatan ruhani yg kuat; dan

3. Husnul khuluq, yakni tampilkan keteladan perilaku yg baik; peserta didik lebih mudah menerima contoh ketimbang berusaha menerapkan petuah-petuah guru.

Bila pada diri PESERTA DIDIK terhimpun 3 karakter utama berikut ini adalah nikmat sempurna bagi GURU :

1. Akal, yakni standar kecerdasan untuk menalar yang memadai;

2. Ada dan tatakrama yang  baik. Sopan santun, sikap itu mendamaikan hati guru dan sesama teman belajar; dan

3. Husnul fahm, memiliki cara yang baik untuk memahami. Cara yang baik itu diantaranya:
○ menyimak dan memperhatikan dengan saksama;
○ mencatat keterangan yang dipandang perlu/penting;
○ menanyakan hal-hal yang kurang difahami atau hal yang menarik minatnya;
○ dan sebagainya.

Demikian tawaran sederhana dari ulama salaf untuk menuju kualitas dan efektivitas proses pembelajaran di kelas. Semoga ruang-ruang kelas kita dipenuhi oleh proses pembelajaran yang bermutu dan berkualita dengan indikasi guru dan peserta didiknya disiplin, semangat, dan tertib dalam aktivitas belajar. Sempurnakanlah sajian ini. Selamat mencoba, semoga berhasil. Amin.

Padang, 13 Maret 2016 pukul 22.30 wib




Tulisan yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

No comments:

Post a Comment