Wednesday 30 November 2016

Tiga Kata Ajaib


Reza Pratomo

Bagaimana cara kita dalam memotivasi lingkungan sekitar kita?

Sebuah pertanyaan yang seringkali kita sampaikan dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani, namun seringkali kita kesulitan dalam melaksanakannya. Sehingga yang terjadi adalah kita seringkali berkomunikasi kurang tepat dengan lingkungan sekitar kita.


Komunikasi yang kurang tepat juga acap menjadi hambatan dalam menyampaikan apa yang kita harapkan kepada lawan bicara kita dan mereka mampu untuk memahami apa yang kita harapkan dari mereka. Dan jika hal tersebut tidak tercapai, maka yang terjadi adalah asumsi. Jika asumsi positif yang kita dapatkan, maka komunikasi akan dapat terus berlanjut dengan baik, namun apa yang terjadi jika umpan balik yang kita terima adalah asumsi negatif? Mungkin salah paham yang akan terjadi dalam proses komunikasi tersebut.

Berikut ini beberapa kata yang dapat membantu kita dalam proses komunikasi sehingga apa yang kita harapkan dari proses komunikasi tersebut dapat tercapai.

Maaf ....

Sebuah kata yang mampu mendinginkan suasana, meredakan emosi dan menjadikan komunikasi kembali ke jalurnya.

Kata maaf digunakan untuk meminta pengertian atas kesalah pahaman yang terjadi pada saat proses komunikasi. Dengan kata maaf kita merendahkan diri di hadapan lawan bicara kita, disisi lain, kita juga mengangkat harga diri lawan bicara kita. Karena pada dasarnya setiap manusia merasa senang untuk ditinggikan posisinya.

Kata maaf juga dapat digunakan pada beberapa kesempatan untuk meminta perhatian dari lawan, seperti halnya “maafkan saya, jika saya mengganggu, boleh saya tahu kemana arah tujuan dari tempat ini?”

Kata maaf, disaat kita menggunakannya untuk menghormati orang lain, sebenarnya kita juga sedang berharap penghormatan yang sama pada diri kita sendiri.

Tolong ...

Sebuah kata yang menyatakan bahwa kita sebagai manusia tidak mampu untuk berdiri sendiri. Kita tetap membutuhkan bantuan orang lain dalam kehidupan kita. Dan kata ini digunakan untuk meminta pengertian kepada lawan bicara kita atas ketidak mampuan tersebut.

Tolong dapat menjadi sebuah sarana perbaikan komunikasi yang mungkin sempat salah paham, sehingga tujuan dari apa yang ingin kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara kita. Seperti “jika apa yang sampaikan kurang tepat, tolong saya dengan menyampaikan yang sebenarnya apa yang anda pikirkan tentang pembicaraan kita”

Terima Kasih...

Kata motivasi pendek yang mampu merubah suasana.

Terima kasih dapat berarti banyak, penghargaan, kesyukuran, ekspresi atas bantuan yang diberikan kepada kita. Kata ini dapat berarti banyak jika kita mampu mengungkapkannya dengan sungguh-sungguh kepada lawan bicara kita.

Gunakan kalimat ini bukan untuk mendapatkan perhatian atau pengembalian atas apa yang kita lakukan atau apa yang orang lain lakukan kepada kita. Kita mengucapkan kalimat ini karena memang mereka berhak untuk dihargai, dan kata terima kasih adalah bentuk penghargaan kepada mereka.
Jika kita mampu menggunakan ketiga kata ini dalam kehidupan kita sehari-hari dan disetai dengan intonasi serta gesture yang tepat, maka komunikasi akan berjalan lebih baik.



Tulisan yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

No comments:

Post a Comment