Monday 2 November 2015

Apa Solusi Masalah






Oleh : Muhammad Dodi

Masalah apa lagi  dalam kehidupan adalah hal yang tidak mengenakkan, tidak nyaman sehingga bisa membuat hidup terasa sempit langkah seakan-akan terbatas, pikiran seperti tersumbat, nafas seolah-olah sesak,
kemudian manusia selalu mencari solusi supaya keluar dari masalah yang ia hadapi,
Keterbatasan kemampuan manusia dalam mengurus kesulitan  masalah  sendiri, membuatnya mencari tambahan kekuatan di luar dirinya, yang ia anggap mampu menjadi penyelesai masalahnya, pemberi solusi baginya, tambahan kekuatan itu bisa di alamatkan kepada tuhan atau kepada sesama manusia yang punya kedudukan, pengetahuan dan keahlian yang melebihi dirinya atau sebuah benda mati, atau kesibukan aktifitas dan tindakan yang dianggap memberi kenyamanan.  Ketika perasan tidak nyaman dari manusia  bertemu dengan  seorang  yang ia kagumi merasa cocok dengan dirinya, maka ia berangapan dialah sang penyelamat.
Padahal dalam dalam dirinya ada kekuatan yang sangat dahsyat, yang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Apakah masalah kesulitan ekonomi, kesulitan dalam menjalani kehidupan, kesulitan berfikir. Maka ada kekuata yang mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kekuatan tersebut adalah hati, jika hati bersih (tidak dengki, tidak iri, tidak ria) maka bersih semua apa yang kita lakukan, jika hati kotor (sakit) maka kotor  semua yang kita lakukan.
Mari kita dekati sang pembuat masalah, karena apapun masalah yang kita hadapi tidak akan pernah terjadi kecuali izin dariNya. Alat transpor yang ditawarkan adalah sholat berjam’ah lima waktu sehari semalam, shalat sunat rawatib, qiyamullail minimaal dua rakaat ditutup dengan witir  satu raka’at minimal, duha’ minimal dua rakat, dan jangan lupa baca al qura’an sebelum dan sesudah shalalat minimal masing-masing satu halaman.
Marikita selalu dan selalu berdo’a kepadaNya, karena janjinya Berdo’alah  kamu kepadaku pasti akan aku kabulkan, intinya Allah itu selalu rindu dengar rintihan hambanya disetiap siang dan malam, ayo kita serahkan semua urusan kita kepada sang Maha Kuasa, sang Maha Pemberi solusi,
Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan di bumi; dan kepada Allahlah dikembalikan segala urusan.  Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Al imran 109-110).

Image Source


Opini yang dimuat adalah sepenuhnya milik penulis  risalah-online, bukan merupakan pernyataan dari risalah-online

No comments:

Post a Comment